Wednesday 9 July 2014

proses kelahiran adelio

haii,,,,baru sempet banget posting tentang kelahiran wan resyad adelio, 
alhamdulilah anaknya aktif dan pinter, sekarang umur delio udah 15 hari, well banyak cerita-cerita selama ngurus dia, bahkan sempet ngalamin yang namanya syndrom baby blues. tapi alhamdulilh smua drama2 itu sudah lewat.
untuk kelahiran dari awal emang udah mutusin mau ambil dibudi kemuliaan
karena kami hanya punya kartu BPJS dengan faskes 1 yang iuran perbulan 59500, jadi klo emang cesar yah seengaknya bisa dibantu cover dengan bpjs.
rencana melahirkan normal,
7 juni: dokter obgyn jg udh bilang delio kepalanya udah dibawah udah kekunci tinggal nunggu waktu aja, beratnya delio 2,95kg

19 juni: kepalanya semakin masuk panggul (pantes udah makin berasa klo pipis walaupun keluarnya dikit tapi berasaaaa banget) berat delio  sekarang 3,1kg. perkiraan dokter 28juni lahirnya, jadi disuruh dateng lagi tanggal 26 juni 2014

21 juni: mulai deh minum-minum kelapa ijo biar lancar
22 juni: pergi acara arisan keluarga, sekalian maaf2an menjelang bulan puasa, perut udah begah banget sebenernya buat dipake jongkok atau duduk bersila. malamnya tidur sekitar jam 10an malam, kebangun jam 12 malam kebelet pipis, abis pipis mau bobo lagi perutnya udah berasa ga enak, semaleman tidur dengan perut mules kayak sakit datang bulan

23 juni masih berangkat kerja, masih dianter suami pake motor lanjut naik kopaja busway. niat mau ambil cuti di hari rabu. selama di kantor perut udah mulai berasa mules, kata temen kantor jangan2 mau lahiran ntar malem atau besok pagi. mulai hubungin suami, kata cumamih suruh liat jam, kadang 5 menit sekali, kdang 10 menit kadang 15 menit sekali mulesnya. karena ngeri lahiran dijalan pulang ga naik busway dulu numpang sama temen yang rumahnya di cengkareng, untuk selama dimobil mulesnya jarang2 20menitan sekali, di drop di kfc semanan sambil nunggu cumamih jemput. sempet2nya makan fastfood feeling bakal lahiran bentar lagi, jadi bandel dikitlah
jam 9.30 malem minta dianter cumamih ke bidan deket rumah sebelum kerumah sakit pas dibidan dicek suara detak dede normal, terus cek pembukaan udah pembukaan 1 tapi bidan bilang kayaknya air ketubannya dikit yah udah kepegang nih rambut bayinya, harusnya besok pagi udah naik pembukaannya.
pulang dan mencoba tidur, tas untuk kerumah sakit udah disiapin dari jauh2 hari
sekitar tengah malam, perut tambah mules kayak mau BAB, punggung sakit banget kayak mau patah tulang-tulangnya, bolak-balik tempat tidur dan kamar mandi karena rasanya kalo ditidurin atau didudukin ditempat tidur tambah jadi mulesnya, lebih enak duduk di wc kamar mandi.
jam 3 berangkat ke rumah sakit ditemenin sama cumamih dan mamah,
menuju rumah sakit budi kemuliaan langsung ke UGD
disuruh sama suster ambil air urine dan dimasukkan kedalam botol, sambil nahan mules suster menanyakan data2 diri, hello sus suami saya ga boleh masuk kedalam ruangan, ga bisa apa nanya sama dia aja, harus banget orang udah mules2 ditanya nama,alamat,nama suami dll. menurut ngana sus *emositingkatdewa
dulu sempet kepikiran klo mules itu bisa cakar2 suami diruang bersalin, pada kenyataannya buat narik napas aja susah apalagi teriak sambil cakar2 suami, cuma bisa baca istigfar dan baca2 doa sambil tarik napas panjang
bidan yang jaga di ugd mau periksa dalam dan tetep aja suster satu lagi nanya2 data diri lagi, bok lo lagi nahan sakit karena mules+pemeriksaan dalem malah ditanya data diri yah ga gw jawab dong, sampe2 gondok si suster nanya ampe 3x "bu dian alamat ibu dimana, bu dian alamat ibu dimana bu DIAN!!"
dan dijawab sama temennya, lagi cek pembukaan dalem
baru setelah tangan suster keluar gw jawab deh tuh yah
tapi sayang masih aja pembukaan satu, abis itu sama dokter yang lagi jaga disuruh rekam jantung bayi dan ibu.dicek rekam jantung bagus dan ditawarkan induksi. mengingat petuah dari teman-teman kantor jangan mau diinduksi kalo masih pembukaan 1 karena bakal sakit banget jadi menolak dan akhirnya pulang kerumah. sebenernya rugi sih, klo emang lahiran hari ini mending masuk aja kamar perawatan karena dibudi kemuliaan sistemnya check in terhitung jm 20.00 klo jam 18.00 mau masuk dibolehkan, kalo masuk jam 17.00 maka jam 17.00-18.00 dihitung 1 hari kan sayang banget

tanggal 24 juni
sakitnya udah ga bisa diminimalisir lagi, tiduran aja udah ga bisa karena sakitnya itu hampir semua badan, punggung kayak patah.sampe dipijit dan dipukul cumamih aja ga berasa deh tuh punggung udah ga mempan lagi klo dielus2 doang mah, minum dan pipis bolak-balik kamar mandi, bahkan puncaknya muntah-muntah kayak masuk angin semua makanan semalem ampe muntah coba bikin teh panas untuk nenangin muntahnya tapi yah berkali-kali minum berkali-kali muntah juga.cumamih hari ini ga masuk kerja karena nemenin istri,saya?? Yah ga kerja dong untung bos lagi ke bkk jadi aman deh, udah ada sih temporary buat aku tapi dia baru 3 hari tendem bareng aku, emang udah feeling kemarin senen udah serah terima uang patty cash dan bilang klo ada apa2 hubungin aja via telpon atau whatsapp.
Jam 11an karena udah ga tahan banget  dan ada flek coklat kentel dicelana kayak darah akhirnya mutusin kerumah sakit, kasian cumamih kurang tidur dari semalem, saya malah ga bisa tidur dari minggu malem yah walaupun minggu malem tidur ayam, kita pergi ditemenin sama mamih aku lagi dan menuju budi kemuliaan, prosesnya sama kayak subuh jam 3 tadi diminta pipis dan dimasukkan kebotol pas pipis ternyata malah darah yang keluar. 
Akhirnya diperiksa lagi, dan tetep emosi suster yang ngurusin administrasi nanya2 data diri, sumpah bawaannya pengen banget gw lempar ktp ke tuh suster yah biar ga nanya-nanya orang lagi mules. Bhkan saking emosinya “ sus emang data saya tadi pagi jam 3 ga ad yah?harus banget diulang2 terus jawabannya” huhh sabar-sabar nahan sakit malah dibikin emosi akhirnya manggil nyokap dan suruh ladenin tuh suster. Bidan masukkin tangannya lagi dan berharap banget dengan sakit kayak gini udah pembukaan 5 tapi  ternyata baru pembukaan 2, lalu disuruh usg.



DiUSG  lah sama dokternya dan dilihat ketuban dedek ternyata sudah 5 normalnya 10, lalu diputuskan harus induksi biar cepat. Saya setuju karena emang udh sakit banget. Tapi sebelum diinduksi harus rekam jantung dulu dan saya dipindahkan keruang bersalin dilantai 4. Pas diruangan bersalin yang berisi 2 tempat tidur ada ibu-ibu disebelah yang lagi nunggu pembukaan juga. Disuruh makan sama nyokap biar kuat tapi udah ga masuk yang ada mual semual2nya kata dokter karena saya stress dan tegang jadi perutnya mual.
Sekitar pukul 13.00

Sama suster dilihat detak jantung saya dan bayi, masih ok, trus ditinggal. Lumayan cukup lama, sampe dokter yang periksa saya ngeliat ke kertas hasilnya karena liat tensi saya yang tiba2 tinggi tapi hasil tensi bayi nya malah melemah jadi 80, normal tensi bayi 160-200/menit akhirnya diputuskan gawat janin dan harus operasi saat itu juga, saya nunggu cumamih yang lagi ngurusin administrasi dilantai 2.setelah cumamih setuju dan tanda tangan akhirny dengan terburu2 saya dipindahkan kekamar operasi
Ga sampe 10 menit dari gawat janin jam 14 lewat saya diganti pakaian dan dibawa kedalam ruangan operasi. Lalu disuntiklah tulang belakang, karena udah mules semules2nya padahal jarum suntiknya gede banget jadi ga berasa, ga lama kemudian semua mules dan sakit diseluruh badan reda, saya dibius setengah sadar. Hilang semua patah tulang dipunggung, hilang semua sakit2 diperut dan mules2 bayi yang mau keluar. Setelah kaki saya sama sekali tidak bisa digerakkan dimulailah operasinya.tepat pukul 14.30 ternyata bayi saya udah dikeluarkan Sampe2 ga sadar perut sudah dibelek ketika bayi saya nangis ketika agak lama 10 detik an dari dikeluarkan. Bahkan dokter bilang untung bayinya nangis bu, kalo telat beberapa jam aja bisa beda  ceritanya, setelah itu bayinya diukur dan ditimbang kata dokter bayinya laki-laki yah bener hasil usg selama ini. Trus saya terharu ternyata detik itu saya sudah menjadi seorang ibu. Anak saya ditaro suster kedada saya untuk imd, tapi ga lama, dan pinternya adelio langsung isep puting saya walaupun asinya belum keluar. Anak pinter langsung tau makanannya dimana. Lalu bayi saya diberikan untuk diazankan oleh ayahnya dan saya dilanjutkan untuk penjahitan dan pengeleman perut saya.
Setelah operasi saya dibawa keruangan observasi dan boleh pindah ke ruangan perawatan setelah bisa menggerakkan semua badan saya.
Bayi saya awalnya satu ruangan lalu dipindahkan kelantai 5 untuk diobservasi karena bayi operasi prosedurnya seperti itu.
Keluarga atau teman yang berkunjung hanya boleh 1 orang selama diruang observasi, pukul 7malam ketika semua tubuh saya sudah bisa digerakkan saya dipindahkan kekamar subadra dilantai 6, disana sudah ramai dengan keluarga dan teman-teman saya.
wan resyad adelio diruangan observasi bareng bunda
malam hari saya belum ketemu bayi saya jam 9 saya tanya bayi saya dimana sus??
suster bilang masih diobservasi baru nanti dibawa kekamar
suami menemani saya dan tidur disebelah saya. malam jam 12an bayi saya dibawa kekamar
melihat bayi yang bernama Adelio ini saya masih tidak percaya
"ya ampun saya sudah jadi ibu yah?"
"apakah saya mampu membesarkan anak ini, anak ini terlihat ringkih dan rapuh"
saya coba susui dia tapi yang keluar colostrum
saya paksa dia untuk menyusu

hari kedua suami saya tidak menemani saya karena dia sedang mengurus BPJS
yah saya menggunakan BPJS dan saya tidak perlu ke puskesmas karena dinilai gawat janin. suami saya harus ke BPJS di matraman dan membawa catatan dari petugas BPJS rumahsakit bahwa ini urgent, sehingga tidak sampai 2 jam kartu BPJS adelio jadi
sempet waswas jangan sampe suami salah tulis nama
hari ketiga bayi dicek sudah ok dan kami pulang, dan alhamdulilah yah rejeki anak sholeh
gratis aja gitu ga bayar,lumayan uang yang disiapin buat lahiran bisa dipakai untuk hal hal lain
bener2 0 rupiah
memang sih pas dirawat ada beberapa obat obatan yang harus saya tebus sendiri karena mungkin tidak termasuk tapi itu juga murah ga sampe 500 ribu, jadi anggep aja bayar lahiran cesar ruang kamar kelas 1 bayar 500 ribu.
untuk jahitan pun saya ga merasa dibeda bedakan
perawatan pun sama saja dengan yang lain
yah saya bersyukur punya BPJS ketika umur kandungan saya menginjak 5 bulan saya mulai mendaftar BPJS faskes 1

semoga BPJS kedepannya selalu bagus bahkan dengar2 sudah tambah banyak rumah sakit yang kerjasama dengan BPJS

ini ceritaku.mana ceritamuu                

7 comments:

  1. Sama Mak, sy juga pakai BPJS. Cuma BPJS Askes. Dr biaya total, dikurangi 600rb, itu yg ditanggung bpjs askes..

    ReplyDelete
  2. hihi lumayan banget yh mak, asuransi kantor aku nanggung buat lahiran malah BPJS yang menolong

    ReplyDelete
  3. Wow keren, habis lahiran sudah bisa posting blog. Selamat ya, atas kelahiran baby-nya. Salam kenal... :)

    ReplyDelete
  4. Di Surabaya, rumah sakit yang terima BPJS adalah rumah sakit keren, RSAirlangga

    ReplyDelete
  5. ngilu baca ceritanya, ingat saat melahirkan dulu, anak pertama diinduksi, suakitnya poll, anak ke2 minta operasi, sakit juga, semuanya pake askes bpjs... alhamdulilah ada bpjs

    ReplyDelete
  6. Selamat Mak udah menjadi Ibu, BPJS memang bisa diandalkan yaa.

    ReplyDelete
  7. Salam kenal bunda... selamat menjadi ibu ya :)

    saya mau tanya. apakah menggunakan bpjs utk melahirkan disana (RS budi Kemulyaan) kmrn dg rujukan dr faskes 1? atau langsung ke ugd? emang awalnya niat pake bpjs atau krn hrs SC baru bpjs bisa digunakan? Terima kasih :)

    ReplyDelete