Thursday 7 August 2014

kb spiral

Banyak yang mau diceritain, dari baby blues setelah melahirkan, drama menyusui sehingga menyebabkan adelio gagal jadi anak s1, tapi bunda tetep berusaha nyusuin kmu kok nak walaupun ga sepenuhnya yang kmu minum itu dri susu bunda. Bahkan dia sempat bingung puting yang menyebabkan emaknya bingung juga
Sesuai judul diatas mau cerita kb mumpung masih nyess banget nih perut. Kb atau alat kontrasepsi yang saya tau ada 5 macam pilihan. Sebenernya ada banyak tapi saya tau 5
1.kondom
Bapakenya delio ga suka pake konsom ngeganjel katanya
2.suntik
Makasih deh klo disuruh suntik tiap 3 bilan. Saya bukan orang yang maniak disuntik. Udah gitu klo ga cocok katanya bisa bikin gendut n jerawatan
3.pil kb
Lupa sehari langsung tek dung. Obat2 dari dokter pas hamil sampe obat2 setelah melahirkan aja masih ada duduk manis dipintu kulkas. Yup saya bukan orang yang rajin minum obat
4.implant /susuk
Kb implant atau susuk yang ditanam di lengan dengan pilihan 3/5 tahun. Liat diyoutube pemasangannya ampe dibius lokal. Kyknya sakit deh. Trus resikonya klo mw dilepas harus dilakukan operasi kecil atau penyayatan. The which is bakal ada bekas sayat ga mau deh kakak. Udah ga boleh angkat berat2 juga
5. Iud atau spiral
pemasangan kb kedalam mulut rahim. Bisa sampe 5/10 tahun
Kekurangan: mules s/d 3 hari katanya ini bener banget sekarang mules banget
Katanya sih klo lagi hb ma suami akan berasa ganjel. Gatau jg baru pasang dan tadi emang minta benangnya dipotong amua. Jadi ntar pas control harus menggunakan usg untuk melihat kb nya baik2 saja
Merk yang saya baca recomended itu nova-t. Tpi biaya masang nya klo dirumah sakit bisa kena 700-1juta smuanya tergantung dirumah sakit mana.
Untuk penghematan karena menggunakan bpjs saya kepuskesmas. Sebenernya pemerintah baik loh kasih gratis kb untuk semuanya mau pil sampe iud. Tapi yah merknya standart. Klo dari puskesmas yang free merk cooper t. Aku nanya ada merk nova t ga? Dan ada tapi yang jualan si ibu dokternya. Akhirnya bayar ke dia 360 ribu. Ditanya biaya pasang mau free atau hayar? Klo bayar 150 klo free fotokopi form pasang kb 3x. Yah pilih free dong cuma modal fotokopi ga sampe 5000. Lumayan kan 150 ribu buat beli popoknya delio

Yah mari kita lihat minggu depan kontrol ke dokter untuk diusg dan mudah2an si kb ini ga bikin perut saya mules2 kyk  pms. 
Saya pasang dihari ke 5 mens, biar ga begitu berasa dimasukin cocor bebek pada kenyataan tetep aja berasa tuh cocor bebeknya. Tapi pas dimasukin kbnya emang ga berasa sih.. Cuma mens saya jadi banyak lagi kyk hari pertama kyk terjadi pendarahan. Mudah2an cepet sembuhnya deh. 


No comments:

Post a Comment